(BorneoBangkit.Com, Samarinda) Sudah menjadi tradisi di kota Tepian Samarinda, Kalimantan Timur dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu diselenggarakan Pawai Pembangunan.

Pawai Pembangunan tahun ini kembali di gelar sabtu, 19 Agustus 2017 kemarin dari pukul 07.00 wita hingga pukul 15.00 wita dengan rute Jalan Kesuma Bangsa, Jalan Bhayangkara, Jalan Awang Long, jalan Jend. Sudirman, jalan KH Khalid, Jalan P. Dipenogoro, jalan Imam Bonjol , jalan Agus Salim dan finish kembali ke jalan Kesuma Bangsa.

Seperti biasanya, pusat kegiatan ini di GOR Segiri Samarinda sebagai tempat berkumpul sekaligus titik start dan finish pawai pembangunan tersebut dan panggung kehormatan diletakkan di jalan Awang Long. Peserta terbagi menjadi  7 kategori yakni kategori pelajar SMP dan SMU, Drum Band, Peserta dari Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Samarinda, Instansi Pemerintahan dan Swasta, kategori peserta Umum dan Mobil Hias.

Pawai tersebut turut dimeriahkan jajaran Damkar Kota Samarinda dan Quick Response Team SAR KSOP Samarinda dengan armada damkarnya, “selain kami memberi pelayanan publik khusus kemaritiman, kami juga mempunyai satu tim membantu pemerintah dalam mengatasi bencana bukan hanya di perairan namun jika terjadi banjir dan kebakaran tim kami yang tergabung di Quick Response Team SAR KSOP Samarinda akan turun ke lapangan membantu masyarakat yang terkena musibah”, tutur Kepala Kantor KSOP Samarinda, Raden Totok Mukarto, SH, CN, M.Si.

Di panggung Kehormatan hadir Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, Komandan Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Brigjen TNI Irham Waroihan, Walikota Samarinda dan Bontang, Syaharie Jaang dan  Neni Moerniaeni, serta berapa pejabat penting baik dari Pemprvo Kaltim maupun Pemkot Samarinda.

“Sambutan masyarakat Kaltim sungguh luar biasa yang hadir dalam gelaran Pawai Pembangunan tahun ini, dengan momentum ini Pemerintah Provinsi Kaltim berharap agar masyarakat kerja bersama membangun Kaltim”, ujar  Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

Sementara, Walikota Samarinda, Syaharie Jaang saat diwawancarai tim BBC di lokasi acara menuturkan bahwa dengan momentum HUT Kemerdekaan ini menjadi semangat kebersamaan bagi kita semua dan hari ini seluruh paguyuban yang ada di Kota Samarinda turut hadir dalam pawai ini dengan pakaian khasnya masing-masing  dan warga yang ikut menyaksikan sungguh luar biasa antusiasnya. Ditambahkan bahwa tahun ini peserta pawai sangat banyak sekitar 800 peserta meningkat 100 persen dibandikan tahun sebelumnya, tutupnya. (Hardianto)


Tags:
Share:

Mr Borneo

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.